Tiga Puluh (30) Dasar Manusia Berkarakter Kristus

Tiga Puluh (30) Dasar Manusia Berkarakter Kristus

Menjadi pengikut Kristus sesungguhnya tidak berhenti pada keselamatan. Keselamatan bukanlah puncak dari iman, namun titik awal kembali bagi manusia baru untuk melanjutkan proses kesempurnaan seperti Bapa dalam Kristus.
 
"Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu (Allah) yang di sorga adalah sempurna" (Matius 5:48). 

"Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus" (Kolose 1:28).

Setiap manusia yang hendak memiliki kesempurnaan seperti Bapa (Allah) dapat melihat teladan yang telah diberikan Kristus mulai dari kasih, kerendahan hati, kelemahlembutan, ketaatan, kekudusan, kesetiaan, ketegasan dan lain sebagainya. Manusia dapat mengambil kodrat ilahi dengan jalan memiliki karakter yang dimiliki Kristus.

Tiga puluh (30) dasar manusia berkarakter Kristus

Manusia berkarakter Kristus adalah manusia yang hidupnya sama seperti Kristus telah hidup.

"Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup" (I Yohanes 2:6).

Melalui tulisan ini disajikan tiga puluh (30) dasar karakter Kristus [berupa contoh dan teladan Kristus], yang dapat diikuti oleh setiap pengikut-Nya, sehingga setiap pengikut Kristus dapat hidup sesuai dengan kehendak Allah dan berkarakter Kristus.
Tentu, selain tiga puluh hal tersebut masih banyak hal lain yang terus dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan setiap pribadi pengikut Kristus.

1. Mengosongkan diri

Yesus yang adalah Tuhan yang memiliki segala-galanya, baik yang di Bumi maupun di sorga, namun Ia mengosongkan diri dan meninggalkan segala kemuliaan-Nya, dan menjadi manusia.

"Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia" (Filipi 2:5-7).

Demikan juga bagi manusia yang hendak mengikuti jejak-Nya, harus berani mengosongkan dirinya dari segala "manusia duniawinya" dengan jalan meninggalkan segala dosa dan kejahatan, serta melepaskan segala kemuliaan duniawi yang tidak selaras dengan kehendak Allah.

"Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya" (Kolose 3:8-10).

"Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku" (Lukas 14:33).

2. Menjadi hamba

Yesus yang adalah rupa Allah, Raja segala raja, yang empunya segala-galanya, baik yang di Bumi maupun di sorga, namun Ia mengosongkan diri dan mengambil rupa seorang hamba, sebagai pelayan yang melayani.

"Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia" (Filipi 2:5-7).

Demikan juga bagi pengikut-Nya, harus berani mengosongkan diri dari status "anak Allah" maupun "umat pilihan", merendahkan diri dan mengambil rupa hamba, sebagai pelayan yang melayani seperti halnya Yesus sebagai manusia yang menghamba.

Sebab, jika Kristus Yesus yang adalah Tuhan, pada saat di dunia mengambil rupa seorang hamba, suatu status yang rendah, layakkah manusia yang adalah ciptaan-Nya justru menempatkan diri lebih tinggi dari Yesus?

Sudah sepatutnya bagi pengikut-Nya juga harus merendahkan diri dan menempatkan diri sebagai hamba, sebagai pelayan yang melayani seperti halnya Yesus sebagai manusia yang menghamba.

Bahkan saat di dunia, Yesus pernah berada di titik terrendah dan sangat hina, begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi.

"Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia — begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi" (Yesaya 52:14).

Jika Yesus yang adalah Tuhan menyebut diri-Nya hamba, layakkah manusia menyebut diri anak Allah?
Jika Yesus menyebut diri-Nya hamba, selayaknya manusia menempatkan diri sebagai hambanya hamba.

Dalam hal ini setiap pengikut Kristus harus dapat menempatkan diri secara benar di hadapan Tuhan, dan tidak menempatkan diri lebih tinggi maupun lebih besar dari Tuhannya.

"Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil" (Yohanes 3:30).

Sebab jika status "anak Allah" telah melekat begitu kuat dalam diri seseorang, disadari maupun tidak, hal tersebut akan membentuk pemikiran bahwa dirinya beda dengan manusia yang lain, seakan-akan lebih tinggi dari yang lain, baik dalam status rohani, pengetahuan, kelayakan, kesucian maupun fasilitas, dan akan merasa menjadi manusia pilihan dan istimewa di hadapan Allah.

Status "anak Allah" merupakan anugerah yang harus disyukuri. Namun, pemahaman menjadi anak Allah haruslah ditempatkan pada makna dan ruang yang tepat sesuai kebenaran. Jika pemahaman tidak sesuai dengan koridor, hal ini yang sedikit banyak akan menghambat pertumbuhan untuk menjadi manusia rohani yang dewasa dan matang.
 
Sebab sesungguhnya manusia bukan siapa-siapa, dan bukan apa-apa, hanya hamba yang tidak berguna, seperti yang difirmankan-Nya.

"Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan" (Lukas 17:10).

3. Rendah hati

Yesus telah menunjukkan kerendahan hati-Nya tatkala menjadi manusia, dimana walaupun Dia adalah Anak, Ia tetap merendahkan diri-Nya.

"Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib" (Filipi 2:8).

"Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan" (Matius 11:29).

Pengikut Kristus harus memiliki kerendahan hati seperti halnya Yesus Kristus, tidak merasa sebagai "anak Allah", tidak merasa lebih tinggi dari yang lain, tidak merasa istimewa di hadapan Allah, sebab semua orang sama di hadapan Allah.

"Sebab Allah tidak memandang bulu" (Roma 2:11).

"Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya" (Kisah Para Rasul 10:34-35).

4. Belajar

Walaupun Yesus adalah anak Allah, saat sebagai manusia Ia pun belajar taat kepada ketentuan Allah.

"Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya" (Ibrani 5:8).

Pengikut Kristus juga harus belajar untuk mengisi dengan berbagai kebenaran dari Allah, sehingga memiliki pengertian akan pengenalan dan pengetahuan yang benar tentang Allah.

"Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal" (I Yohanes 5:20).

Tuhan Yesus memberikan perintah untuk belajar dari-Nya.

"Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan" (Matius 11:29).

5. Taat dari apa yang telah diderita hingga akhir

Walaupun Yesus adalah Anak Allah, namun Ia belajar taat dari apa yang diderita-Nya.

"Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya" (Ibrani 5:8).

"Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib" (Filipi 2:8).

Pengikut Kristus juga harus belajar untuk taat dalam segala situasi dan kondisi, dalam suka maupun dalam kondisi derita, dalam perkara kecil maupun dalam perkara besar, dan tidak sekedar menjaminkan diri karena kasih karunia Allah, "demi darah Yesus", atau "demi nama Yesus" maupun karena "umat pilihan", tanpa belajar taat seperti Yesus.

"Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya" (Ibrani 12:9-10).

Pengikut Kristus harus taat dan serupa dengan Yesus agar dapat memperoleh segala sesuatu dari Allah sesuai dengan kebenaran dan ketentuan Allah.

"Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati" (Filipi 3:10-11).

"Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya" (Ibrani 5:9).

6. Mati terhadap dosa

Kematian Kristus adalah kematian terhadap dosa, Ia kudus dan tidak berdosa, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan yang dipersembahkan bagi Allah.

"Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa" (Ibrani 4:14-15).
 
"Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya (Roma 6:10).
 
Demikian juga bagi manusia yang menjadi pengikut-Nya, ia harus telah mati terhadap dosa, dan kehidupannya adalah bagi Allah.

Manusia yang mati terhadap dosa adalah manusia yang tidak ada lagi tabiat dosa, tidak ada keinginan dan hasrat dosa, tiada terkandung dosa dalam hati dan pikiran, tidak berdosa dalam perkataan dan perbuatan, sehingga mencapai tahap mati terhadap dosa, seperti hati kanak-kanak yang tiada kejahatan didalam dirinya, tiada keinginan untuk mencuri, berzinah, berdusta dan segala keinginan jahat lainnya.

"Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa" (Roma 6:6-7).
 
"Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya" (Galatia 5:24). 

"Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus" (Roma 6:11).

Manusia yang telah mati terhadap dosa akan membuat dirinya sungguh-sungguh terbebas dari dosa dan rohnya kembali mengambil bagian dalam kodrat ilahi, sehingga sudah tidak dapat berbuat dosa lagi karena dilahirkan dari Allah.

"Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah" (I Yohanes 3:9).

7. Tidak dapat berbuat dosa

Saat datang sebagai manusia ke dunia, Yesus hidup dalam kodrat ilahi, salah satunya adalah Yesus tiada dosa di sepanjang hidup-Nya.

"Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa" (Ibrani 4:14-15).

Pengikut Kristus yang telah mati terhadap dosa akan membuat dirinya sungguh-sungguh terbebas dari dosa dan rohnya kembali mengambil bagian dalam kodrat ilahi, sehingga sudah tidak dapat berbuat dosa lagi karena dilahirkan dari Allah.

"Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah" (I Yohanes 3:9).

Keinginan hatinya hanya untuk bertumbuh menjadi manusia yang baik, berkenan dan sempurna bagi Allah, dan karyanya adalah untuk kemuliaan-Nya.

8. Kudus

Walaupun sesungguhnya Yesus adalah Yang Kudus dari Allah, namun pada saat Yesus datang ke dunia sebagai manusia, Ia menguduskan diri-Nya bagi umat manusia agar manusia dapat dikuduskan dalam kebenaran.

 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah" (Markus 1:24).

"Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran" (Yohanes 17:17-19).

Oleh karena kekudusan atau kesalehan Yesus, segala doa yang dipanjatkan kepada Allah didengarkan. Doa Yesus didengarkan oleh Allah bukan semata-mata karena Dia sebagai Anak Allah, namun oleh karena kesalehan-Nya saat menjadi manusia.

"Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan" (Ibrani 5:7).

Oleh karena itu, bagi para pengikut Kristus juga harus menjaga diri dengan terus-menerus mentaati segala firman Tuhan agar kekudusannya dapat memenuhi standar yang telah ditentukan oleh Allah, sehingga dipandang layak untuk suatu pekerjaan yang mulia.

"Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia" (II Timotius 2:21).

"Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus" (I Petrus 1:13-16).

9. Pengampun

Yesus Kristus sebagai pribadi pengampun ditunjukkan di dalam seluruh hidup-Nya. Bahkan, saat mengalami penderitaan di kayu salib, Ia mendoakan dan mengampuni.

"Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat "(Lukas 23:34).

Sebagai pengikut Kristus, setiap orang harus menjadi pribadi pengampun, tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak dendam, tidak dengki, tidak sakit hati, tiada luka batin, namun hidup damai dengan semua orang. 

"Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian" (Kolose 3:13).

"Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu" (Matius 5:23-24).

"Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan" (Ibrani 12:14).

10. Lemah lembut

Selain kerendahan hati, Yesus juga memancarkan kelemahlembutan yang banyak dibutuhkan oleh umat manusia bagi ketenangan jiwanya. Yesus menuntun manusia dengan kelembutan dan rendah hati.

"Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan" (Matius 11:29).

Kelemahlembutan juga harus dimiliki oleh setiap pengikut Kristus, baik bagi diri sendiri, bagi sesama maupun lembah lembut dalam menerima firman Tuhan.

"Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah" (I Petrus 3:4).

Perkataan dan perbuatannya tidak melukai siapapun, tidak menghakimi, tidak menyalahkan, namun sebaliknya memberkati, menuntun, menyejukkan, mengayomi, membangun bagi setiap orang yang mendengar dan merasakan kehadirannya.

"Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan" (Galatia 6:1).

Hatinya lemah lembut untuk dinasehati, dikoreksi, diluruskan, dibimbing untuk dibangun menjadi lebih baik, dan lembah lembut dalam menerima setiap firman Tuhan, dan tekun melaksanakannya dengan sukacita.

"Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu" (Yakobus 1:21).

11. Tegas

Pada saat Yesus melihat rumah ibadah yang seharusnya dipergunakan untuk berdoa, untuk beribadah kepada Allah, namun disalahgunakan oleh manusia, Ia meluruskan, mendisiplinkan, dan mengembalikan kepada fungsinya sesuai dengan firman Tuhan.

"Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dan berkata kepada mereka: 'Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun'" (Matius 21:13-14).

Pengikut Kristus harus memiliki ketegasan seperti Kristus, yaitu ketegasan yang berdasarkan dengan firman Tuhan. Setiap ketegasan dari diri sendiri harus disesuaikan dengan kebenaran Allah, sehingga membangun iman orang yang mendengarnya.

"Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman" (Titus 1:13).

12. Berkorban

Kedatangan Yesus Kristus ke dunia memberikan diri-Nya sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. Ia mempersembahkan diri-Nya untuk melakukan segala sesuatu yang Allah kehendaki.

"Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah" (Efesus 5:1-2).

Sebagai pengikut Kristus, setiap orang harus menjadi pribadi yang rela berkorban, memberi bantuan, baik bagi kepentingan sesama, bagi alam sekitar, dan bagi ciptaan Tuhan yang lain, dan yang terutama adalah bagi kemuliaan Allah. 

"Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah" (Ibrani 13:16).

"Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung (berkorban)" (I Pertus 2:19).

13. Berbuat baik

Selain memberitakan Injil Kerajaan Allah sebagai pelayanan yang utama, Yesus juga sambil berbuat baik, yaitu melakukan berbagai kebajikan yang berguna bagi manusia.

"Yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia (Kisah Para Rasul 10:38).

Sebagai pengikut Kristus, perbuatan baik harus menjadi bagian dalam hidupnya. Dengan perbuatan baik, pelayanan akan semakin sempurna dan dapat dinikmati oleh sesama.

"Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu, sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus" (II Tesalonika 1:11-12).

"Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah" (Ibrani 13:16).

14. Setia dan benar

Kesetiaan merupakan salah satu jaminan yang akan membawa manusia kepada tujuan, sebab tanpa kesetiaan, tidaklah mungkin sesuatu sampai kepada tujuan. Yesus taat dan setia sejak dilahirkan hingga kematiaanNya di kayu salib.

Yesus Kristus adalah Yang Setia dan Yang Benar, yang menyampaikan kebenaran. 

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah" (Wahyu 3:1).

"Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil" (Wahyu 19:11).

Pengikut Kristus juga harus memiliki kesetiaan yang dilandaskan pada kebenaran. Kesetiaan dan kebenaran dapat dimulai dari perkara-perkara kecil hingga perkara-perkara besar.

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar" (Lukas 16:10).

"Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan" (I Timotius 6:11).

"Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya" (I Yohanes 2:29).

"Anak-anakku, janganlah membiarkan seorang pun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benarsama seperti Kristus adalah benar
(I Yohanes 3:7).

15. Adil

Keadilan merupakan karakter ilahi yang ada di dalam Kristus Yesus. Ia adil terhadap semua orang, semua umat manusia di seluruh dunia.

"Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: 'Yang Setia dan Yang Benar', Ia menghakimi dan berperang dengan adil" (Wahyu 19:11).

"Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil" (I Yohanes 2:1).

Bagi setiap pengikut Kristus, ia juga harus hidup adil terhadap semua orang, dari berbagai kaum, warna kulit, agama, keyakinan, bahasa dan bangsa. Para pengikut Kristus tidak berpihak, namun adil dalam segala perkara.

"Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini" (Titus 2:12).

"Di hadapan Allah dan Kristus Yesus dan malaikat-malaikat pilihan-Nya kupesankan dengan sungguh kepadamu: camkanlah petunjuk ini tanpa prasangka dan bertindaklah dalam segala sesuatu tanpa memihak" (I Timotius 5:21).

16. Pribadi terbuka

Kristus Yesus adalah pribadi yang terbuka, tidak membatasi diri, namun terbuka untuk semua orang, serta memberikan jalan keluar dalam berbagai hal. Yesus mengundang setiap orang untuk datang kepada-Nya.

"Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu" (Matius 11:28)

Pribadi terbuka juga harus dimiliki setiap pengikut Kristus, ia harus belajar dapat menerima dan diterima oleh siapun di dunia, baik antarpribadi, antarkeluarga, antarsahabat, antartetangga, antaretnis dan antarsuku, antarnegara, antarbangsa, antarbahasa, antarumat, antaragama, antarmakhluk.

"Sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya" (II Timotius 2:24-26).

17. Memiliki kasih Allah

Kasih Kristus adalah kasih ilahi yang tak berkesudahan, kasih kekal, kasih yang tiada akhir bagi seluruh umat manusia. Demikian juga bagi pengikut Kristus, harus memiliki kasih ilahi, baik kepada Allah maupun kasih kepada seluruh ciptaan-Nya.

"Sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus" (Yohanes 1:17).

Pengikut Kristus dapat belajar mengasihi tahap demi tahap hingga mencapai kasih yang sempurna.

- Kasih manusia kepada Allah ditunjukkan dengan menuruti segala firman-Nya.

Salah satu cara manusia mengasihi Allah adalah dengan jalan menuruti firman-Nya. Tatkala manusia menuruti firman Allah, Allah juga akan mengasihinya.

"Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia" (Yohanes 14:23).
 
"Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia"
(I Yohanes 4:16).

- Kasih kepada sesama manusia

Sementara kasih kepada sesama manusia dapat ditunjukkan kepada semua orang, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, dan semua agama dan keyakinan dengan kasih yang tulus dan murni.

"Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Matius 22:39).

- Kasih bagi orang lain yang memusuhi dirinya

Bahkan, jika ada orang lain yang memusuhi dirinya, seorang pengikut Kristus tidaklah memusuhi, namun sebaliknya, mengasihi musuh.
 
"Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna" (Matius 5:44-48).

- Kasih sayang kepada makhuk lain dan alam semesta

Memperlakukan binatang dan tanaman dengan kasih sayang sesuai dengan ukurannya masing-masing, merawat Bumi dan alam semesta agar terpelihara dengan baik.

- Kasih yang sempurna

Bagi pengikut Kristus, kasih kepada Allah tidak sebatas mengasihi dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri, namun bagi pengikut Kristus kasihnya harus sekualitas kasih Kristus, sesempurna kasih Kristus.

"Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihisama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." (Yohanes 13:34-35).

"Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih" (I Yohanes 4:18).

"Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan" (Kolose 3:14).

18. Mempersembahkan doa dan permohonan

Tatkala Yesus datang sebagai manusia, Ia selalu dekat dengan Allah, dan mempersembahkan doa dan permohonan, bahkan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Allah, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Allah mendengarkan doa Yesus bukan semata-mata karena Yesus adalah Anak, namun oleh karena kesalehan-Nya, maka Allah berkenan mendengarkan.

"Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan" (Ibrani 5:7). 

Demikian juga bagi setiap manusia pengikut Kristus, ia seharusnya tidak menjaminkan doa-doa hanya sebatas percaya kepada Yesus, "dalam nama Yesus", "dalam darah Yesus" atau pun karena merasa "umat pilihan", namun ia juga harus mencontoh dan meneladani Yesus yang telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, dan hidup dalam kesalehan, sehingga Ia telah didengarkan oleh Allah.

19. Layak di hadapan Allah

Yesus Kristus telah menang dan layak untuk membuka rahasia tentang gulungan kitab. Kristus menjadi prototipe pribadi yang layak dan dipercaya oleh Allah untuk melakukan suatu pekerjaan dari Allah.

"Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya. Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: 'Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya"" (Wahyu 5:4-5).

Pengikut Kristus juga harus menyiapkan diri menjadi pribadi yang berkompeten di hadapan Allah agar dipandang layak untuk melakukan setiap pekerjaan yang mulia dari Allah.

"Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia (II Timotius 2:21)

20. Mengenal Allah dan menuruti firman-Nya

Yesus Kristus saat datang ke dunia telah menunjukkan pengenalan dan kepatuhan-Nya kepada firman Allah dengan menuruti segala firman-Nya.

"Tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya" (Yohanes 8:55).

Sebagai contoh saat Yesus Kristus dicobai Iblis di padang gurun untuk mengubah batu menjadi roti, namun Yesus tetap menuruti perintah Allah, dan menolak segala pencobaan Iblis.

Pengikut Kristus harus meneladani-Nya dengan cara yang sama, yaitu mengenal Allah, menuruti segala firman Allah, menjadi pribadi yang mengasihi, dan penurut kepada Allah.

“Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya” (I Yohanes 2:3).

"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah (I Yohanes 4:7).

"Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih" (Efesus 5:1).

21. Hidup dalam kebenaran dan menyampaikan kebenaran

Yesus adalah jalan, kebenaran, dan hidup.

"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yohanes 14:6).

Salah satu pekerjaan yang Kristus Yesus kerjakan di dunia adalah menyampaikan kebenaran dari Allah kepada umat manusia.

"Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham" (Yohanes 8:40).

Demikian juga bagi manusia yang menjadi pengikut-Nya, ia harus membangun dirinya dalam kebenaran agar berkapasitas menyampaikan kebenaran dari Allah kepada umat manusia.

"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku, dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu" (Yohanes 8:31-32).

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yohanes 16:13).

Jadi, pengikut Kristus harus membangun dirinya dalam kebenaran, hidup dalam kebenaran agar menjadi pribadi yang benar seperti Yesus, sehingga dipandang layak oleh Allah untuk suatu pekerjaan yang mulia seperti menyampaikan kebenaran.

“Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran (III Yohanes 1:3).

"Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskandipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia" (II Timotius 2:21).

22. Memberitakan Injil

Kedatangan Yesus Kristus ke dunia adalah membawa Injil Kerajaan Sorga. Yesus memberitakan Injil kepada umat manusia.

"Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan" (Matius 9:35).

Sebagai pengikut Kristus, manusia harus memberitakan Injil sesuai dengan perintah yang telah disampaikan-Nya.

"Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk" (Markus 16:15).

23. Melakukan pekerjaan yang sama dengan Yesus

Kristus telah berkarya di dunia dengan sempurna. Setiap pengikut Kristus juga harus belajar melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti yang Yesus lakukan.

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa" (Yohanes 14:12).

24. Melakukan pekerjaan yang lebih besar dari Yesus

Bagi pengikut Kristus, selain dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah Yesus kerjakan, manusia memiliki kesempatan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari yang telah Yesus kerjakan.
 
Pengikut Kristus dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari yang pernah Yesus kerjakan, hal itu disebabkan karena kematangan manusia, baik dalam hal kedewasaan ilahi maupun dalam hal perkembangan teknologi yang tentunya dapat mendukung pekerjaan tersebut.

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa" (Yohanes 14:12).

25. Menyelesaikan pekerjaan yang Allah tugaskan

Pada saat Kristus datang ke dunia menjadi manusia, Ia melakukan seluruh kehendak Allah dan menyelesaikan setiap tugas yang diembankan kepada-Nya, sehingga sempurnalah setiap pekerjaan-Nya.

"Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya" (Yohanes 17:4).

Setiap pengikut Kristus tentu mempunyai tugas pribadi dari Tuhan yang harus dikerjakan dan diselesaikan hingga akhir. Sudah sepatutnya setiap pengikut Kristus juga melakukan dan menyelesaikan setiap pekerjaan yang harus dikerjakannya.

"Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan" (Lukas 17:10).

26. Kehidupan bagi Allah 

Kehidupan Kristus adalah kehidupan yang dipersembahkan bagi Allah dengan jalan mentaati seluruh firman, dan menggenapkan seluruh kehendak Allah bagi kemuliaan Allah.
 
"Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah (Roma 6:10).
 
Demikian juga bagi manusia yang menjadi pengikut-Nya, seluruh kehidupannya adalah kehidupan bagi Allah dalam Kristus Yesus dengan jalan mentaati seluruh firman dan menggenapkan seluruh kehendak Allah.

 "Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus" (Roma 6:11).
 
"Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran (Roma 6:13).

27. Memuliakan Allah

Kehadiran Kristus di dunia sebagai manusia adalah untuk memuliakan Allah dengan jalan mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan yang Allah tugaskan, maupun memuliakan dalam bentuk dan cara lainnya.

"Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya" (Yohanes 17:4).

Setiap pengikut Kristus juga harus memuliakan Allah, baik dengan menemukan tugas ilahi yang Allah tugaskan secara pribadi, kemudian mengerjakan, dan menyelesaikannya, maupun memuliakan dalam bentuk dan cara lain seperti memuliakan Allah dengan tubuh, dengan harta, maupun dengan cara lainnya.

“Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (I Korintus 6:20).

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu” (Amsal 3:9).

28. Menggenapkan seluruh kehendak Allah

Tujuan utama kedatangan Yesus ke dunia adalah untuk melakukan dan menggenapkan seluruh kehendak Allah, baik tugas dalam membawa Injil Kerajaan Allah, penebusan dan pengampunan dosa, keselamatan, menyampaikan kebenaran maupun pekerjaan yang lain.

Bahkan, saat kedatangan-Nya ke dunia, hal itu sudah tertulis dalam gulungan kitab. Yesus memberikan contoh bahwa tubuh yang dikaruniakan Allah bagi setiap orang adalah sebagai sarana untuk menggenapkan seluruh kehendak Allah.

"Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --. Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan. Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku'" (Ibrani 10:5-7).

Saat Yesus telah berada di dunia dan menjadi sama dengan manusia, Ia menunjukkan bahwa hidup-Nya sungguh-sungguh untuk menggenapkan seluruh kehendak Allah.

"Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: 'Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah' Dan Yohanes pun menuruti-Nya" (Matius 3:15).

Bahkan saat menjelang penyaliban diri-Nya, pada saat di Taman Getsemani, dalam ratapan. kegentaran yang begitu berat, Yesus tetap menyerahkan yang terjadi sesuai dengan kehendak Allah.

"Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki" (Matius 26:39).

Jika Yesus Kristus yang adalah Anak Allah menggenapkan seluruh kehendak Allah, manusia juga harus belajar untuk mengerti kehendak Allah dengan sempurna agar dapat menggenapkan kehendak-Nya.

"Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna" (Kolose 1:9).

"Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Matius 9-10).

29. Pribadi yang berkenan di hadapan Allah

Yesus adalah pribadi yang berkenan di hadapan Allah, pada saat di dunia, Ia menggenapkan seluruh kehendak Allah.

"Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: 'Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.' Dan Yohanes pun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: 'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan'" (Matius 3:15-17).

"Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia" (Matius 17:5).

Demikian juga bagi setiap pengikut Kristus, ia berkewajiban menggenapkan seluruh kehendak Allah agar menjadi pribadi yang berkenan di hadapan-Nya.

Sebagai contoh, tatkala manusia takut kepada Allah dan mengamalkan kebenaran, maka ia akan berkenan kepada Allah.

“Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya” (Kisah Para Rasul 10:35).

“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia (Roma 14:17-18).

30. Sempurna

Yesus Kristus menunjukkan bahwa kesempurnaan ilahi dapat diraih oleh manusia dalam keadaan sebagai manusia, Ia belajar menjadi taat dari apa yang diderita-Nya, hingga mencapai kesempurnaan dan menjadi pokok keselamatan bagi semua orang yang taat kepada-Nya.

"Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,
dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek" (Ibrani 5:8-10).

Dengan contoh kesempurnaan yang dapat dilihat dalam Yesus Kristus, manusia dapat mengikuti teladan-Nya untuk meraih kesempurnaan dengan jalan mengikuti cara hidup-Nya.

Tentu yang dimaksud mengikuti cara hidup-Nya tidak berarti sama dalam hal bentuk fisik, seperti dalam hal peristiwa maupun kejadian, namun sama dalam hal mutu atau kualitas hidupnya, yaitu setiap langkahnya sesuai dengan seluruh kehendak Allah.

"Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus" (Kolose 1:28).

"Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah" (Ibrani 12:2).

Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus

Tentu masih banyak hal yang dapat diteladani dari Kristus Yesus, dan masih banyak hal yang tidak tertulis karena keterbatasan dunia untuk memuat tentang kebenaran Kristus yang tak terbatas.

"Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu" (Yohanes 21:25).

Implementasi karakter Kristus

Tatkala manusia memiliki karakter Kristus, hidup seperti Kristus telah hidup, memiliki pikiran, perasaan, dan pertimbangan seperti Kristus, mengerjakan pekerjaan seperti yang Yesus kerjakan, maka kesempurnaan ilahi akan dapat diraihnya.
 
"Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus" (Kolose 1:28).

"Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah" (Ibrani 12:2).
 
Inilah tahap yang seharusnya ditempuh oleh pengikut Kristus setelah memperoleh karunia berupa keselamatan, yaitu menggapai kesempurnaan dalam Kristus dalam rangka menggenapkan firman-Nya untuk sempurna seperti Allah, dan berkarya bagi kemuliaan-Nya.

"Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu (Allah) yang di sorga adalah sempurna" (Matius 5:48)

"Semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!" (Yesaya 43:7).

[Sempurna sama seperti Bapa tidak memiliki arti bahwa manusia sama dengan Allah dan atau menjadi Tuhan, namun sempurna bagi manusia dalam batas sempurna sebagai ciptaan Allah yang memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam kodrat ilahi, memiliki sebagian sifat-sifat Allah, tatkala manusia hidup sesuai dengan seluruh kehendak-Nya.

Allah adalah TUHAN Yang Maha Esa, satu-satunya, tidak ada yang lain, yang berkenan memperkenalkan diri-Nya sebagai Bapa, sumber dari segala sesuatu, awal dan akhir dari segala sesuatu, tujuan dari segala sesuatu, di atas segala sesuatu, dan segala sesuatu ada di dalam Dia.]

Amin.


Rujukan
Ayat-ayat rujukan yang dipergunakan di dalam situs Injil Kerajaan Allah berasal dari Alkitab Terjemahan Baru © Lembaga Alkitab Indonesia 1974, Lembaga Biblika Indonesia, Alkitab Sabda, dan sumber lain yang terkait.

Disclaimer
Semua yang dimuat di dalam situs Injil Kerajaan Allah bukanlah suatu kebenaran mutlak. Oleh karena itu, jika dikemudian hari hadir hal-hal baru akan dilakukan pembaharuan maupun koreksi sesuai waktu dan zaman.

Formulir Kontak
Terima kasih kepada Saudara sekalian yang telah menghubungi kami melalui Formulir Kontak, kami akan mengusahakan untuk segera membalasnya. Terima kasih.